Cara Membedakan Sarang Semut Asli dan Palsu Begini Caranya

Cara Membedakan Sarang Semut Asli Dan Palsu - Sarangsemutkapsul.com,- Apa yang Anda pikirkan jika ada seseorang yang mengatakan sarang semut? Mungkin Anda membayangkan sarang semut secara harfiah. Namun sebenarnya istilah sarang semut ini bukan mengacu pada tempat dimana semut bersarang.

Sarang semut adalah sebuah tanaman yang pertama kali ditemukan di Papua. Tanaman ini merupakan jenis tanaman yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit berbahaya.

Lantas kenapa dinamakan sarang semut? Ini karena terdapat koloni semut yang hidup di dalamnya. Koloni semut tersebut menghasilkan senyawa aktif yang nantinya bisa digunakan untuk pengobatan berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit-penyakit berat yang sulit untuk disembuhkan.

cara membedakan sarang semut asli dan palsu

Cara Membedakan Sarang Semut Asli dan Palsu

Dr Rosichon Ubaidillah, seorang ahli semut Puslitbang Biologi LIPI yang sering keluar masuk hutan Wamena mengatakan bahwa khasiat sarang semut dalam menyembuhkan berbagai penyakit berasal dari kelenjar liur semut dan mikroba yang juga berasosiasi dengan semut yang berkoloni di dalam tanaman tersebut.

Sementara itu Dr. Mien Karmini yang di tahun 1995 lalu telah melakukan eksplorasi di Papua mengatakan bahwa sarang semut ini sering dikonsumsi oleh masyarakat setempat. Biasanya sarang semut diolah menjadi minuman atau campuran bubur. Suku pedalaman di Papua pun percaya bahwa tanaman ini mampu memberikan energi sekaligus meningkatkan imunitas tubuh mereka.

Berbagai penelitian telah dilakukan selama beberapa tahun terakhir ini. Hasil dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa zat-zat aktif di dalam sarang semut seperti glikosida dan polifenol  memang terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi penyakit-penyakit berat.

Antioksidan dalam sarang Semut juga memiliki peran yang sangat penting untuk tubuh. Salah satunya adalah melindung sel-sel tubuh. Dengan begitu, sel-sel tersebut pun dapat bekerja dengan baik sehingga berbagai macam penyakit berat bisa dicegah.

Sayangnya, meski terbukti efektif dalam mengatasi banyak penyakit berat, saat ini ada banyak penjual yang tidak bertanggung jawab dan menjual sarang semut palsu. Biasanya, sarang semut palsu yang dijual di pasaran merupakan sarang semut yang tersedia dalam bentuk serbuk. Tentu saja, khasiat sarang semut palsu tersebut sangat jauh berbeda dibanding sarang semut yang asli.

Oleh sebab itulah, sebelum membeli sarang semut, ada baiknya Anda mempelajari cara membedakan sarang semut asli dan palsu berikut.

Salah caru cara membedakan sarang semut asli dan palsu adalah dengan menggunakan air panas.

  • Ambilah serbuk sarang semut dan masukan ke dalam gelas.
  • Setelah itu tuangkan air panas ke dalamnya.

Jika sarang semut yang Anda masukan ke dalam gelas merupakan sarang semut palsu, maka warnanya akan berubah menjadi kuning keemasan, persis seperti sarang semut yang telah direbus. Tetapi jika sarang semut tersebut merupakan sarang semut asli, maka airnya masih akan terlihat bening. Mudah-mudahan informasi mengenai cara membedakan sarang semut asli dan palsu bermanfaat.