Cara Mengolah Sarang Semut Sendiri Dirumah

Cara Mengolah Sarang Semut - Sarangsemutkapsul.com,- Sarang semut merupakan tumbuhan yang dikenal sebagai obat herbal yang sangat ampuh dalam mengobati berbagai penyakit. Tanaman ini berasal dari Kepulauan Solomon di Pasifik dan Kepulauan Besar di Queesland Australia. Namun sarang semut sebenarnya juga  bisa ditemukan di sejumlah Negara di Asia Tenggara seperti di Indonesia, Vietnam dan Malaysia.

Di Indonesia sendiri, sarang semut banyak ditemukan di hutan-hutan rimba di pedalaman Sumatra, Sulawesi, Maluku, Flores, Papua dan Kalimantan. Bagian luar dari sarang semut ini tampak seperti umbi yang ditumbuhi banyak duri. Ketika Anda membelahnya, maka akan tampak rongga yang menyerupai labirin. Di dalam rongga inilah terdapat semut yang hidup secara berkoloni.

cara mengolah sarang semut sendiri

Cara Mengolah Sarang Semut Sendiri Dirumah

Sarang semut yang masih muda memiliki panjang yang mencapai 5 cm dengan diameter 3-5 cm. Setelah matang panjangnya pun bisa mencapai 50 cm dan memiliki diameter sebesar 15-30 cm.

Sarang semut dapat diolah menjadi obat yang sangat efektif untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Cara mengolah sarang semut pun terbilang sederhana. Dulu suku pedalaman di Papua dan suku Dayak di Kalimantan mengolah sarang semut dengan cara mengiris tanaman tersebut dan merebusnya.

Saat ini setelah dilakukan berbagai penelitian, cara mengolah sarang semut pun menjadi lebih bervariasi. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah menemukan sarang semut di apotek atau penjual obat herbal.

Ada banyak cara mengolah sarang semut yang dapat dilakukan untuk membuat tanaman ini menjadi obat yang ampuh dalam mengobati banyak penyakit, seperti dikemas dalam bentuk kapsul, dibuat menjadi bubuk ataupun cukup dengan diiris-iris menjadi bagian yang lebih kecil.

Untuk mengobati penyakit yang Anda derita, Anda pun hanya perlu mengonsumsi air rebusan sarang semut secara rutin.

Cara memasak sarang semut terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Jika sarang semut yang Anda punya masih dalam bentuk irisan, maka ambilah 10 gram atau sekitar 3-4 keping irisan.
  • Setelah itu rebus dengan menggunakan air sebanyak 3 Liter
  • Biarkan hingga mendidih.

Setelah itu saring air rebusan sarang semut tersebut dan minumlah secara rutin. Anda bisa mengonsumsi air rebusan tersebut selama satu bulan. Rasa dan warnanya persis seperti teh. 

Sarang semut yang telah direbus jangan dibuang begitu saja karena masih bisa direbus kembali hingga beberapa kali. Jika air rebusan sudah berwarna putih, maka Anda bisa menggantinya dengan irisan sarang semut lain.

Selain dalam bentuk irisan, cara mengolah sarang semut lain juga dapat dilakukan tanpa mengurangi khasiatnya. Salah satunya adalah mengolahnya menjadi serbuk. Caranya pun terbilang cukup mudah.

  • Ambilah beberapa irisan sarang semut dan potong-potong kecil dengan menggunakan tangan.
  • Masukan sarang semut yang telah dipotong-potong ke dalam blender.
  • Giling hingga halus dan masukan ke dalam wadah yang bersih.

Cara memasaknya mirip dengan sarang semut yang tersedia dalam bentuk irisan. Namun, ada baiknya Anda menggunakan panci stainless steel atau panci tanah.