Cara Minum Sarang Semut dan Cara Memasak Sarang Semut

Cara Minum Sarang Semut dan Cara Memasak Sarang Semut - Sarangsemutkapsul.com,- Genus myrmecodia atau yang lebih dikenal dengan nama sarang semut di Indonesia merupakan tanaman yang dipercaya sebagai obat untuk banyak penyakit berat. Istilah myrmecodia sendiri diambil dari bahasa Yunani, yaitu myrmekodes yang berarti "dikerumuni semut" atau “menyerupai semut”.

Sarang semut banyak ditemukan di daerah Papua. Di hutan pedalaman tersebut, kita bisa menemukan sarang semut yang tumbuh pada dahan atau batang tumbuhan. Akarnya pun tampak terjuntai di cabang-cabang tanaman.

Seperti yang telah disebutkan di atas, sarang semut dipercaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit berbahaya seperti kanker, stroke dan jantung koroner. Namun tentu saja, ada aturan dan cara minum sarang semut yang harus diketahui sebelum mengonsumsi obat herbal ini.

cara minum sarang semut

Cara Minum Sarang Semut dan Cara Memasak Sarang Semut

Jika sarang semut yang Anda beli merupakan sarang semut yang sudah tersedia dalam bentuk irisan, maka ambilah sarang semut tersebut sebanyak 10 gram atau sekitar 3-4 keping irisan. Rebus bersama 3 liter air hingga mendidih.

Cara minum sarang semut ini terbilang sederhana. Saring air rebusan tersebut dan minum rutin setiap hari. Lakukan hal ini selama satu bulan dan rasakan khasiatnya. Rasa dari sarang semut ini mirip dengan teh, begitu pun dengan warnanya.

Sarang semut yang telah direbus bisa direbus kembali secara berulang-ulang hingga airnya putih.

Sementara itu jika Anda memasak sarang semut yang sudah tersedia dalam bentuk serbuk, maka Anda bisa mengikuti cara memasak sarang semut berikut.

  • Siapkan panci stainless steel atau panci tanah. Sebisa mungkin jangan menggunakan panci aluminium untuk merebus sarang semut. Ini karena logam dari panci tersebut mudah terkikis dan akan tercampur bersama ramuan yang sedang Anda buat.
  • Siapkan air sebanyak 2 gelas ( 250 cc ).
  • Masukan air yang telah disiapkan kedalam panci bersama dengan sarang semut sebanyak satu sendok makan atau sekitar 10 gr.
  • Masak hingga mendidih. Setelah itu api dikecilkan dan diaduk sesekali selama 15 menit atau hingga air rebusan menjadi 1 gelas.
  • Dinginkan dan saring air hasil rebusan.

Air rebusan tersebut bisa diminum langsung. Selain itu, Anda juga bisa mencampur air rebusan sarang semut dengan gula atau madu.

Aturan Pakai :

Cara minum sarang semut memang terbilang sederhana. Meski demikian, ada beberapa aturan yang harus Anda patuhi.

  • Untuk Dewasa

Sebagai pencegahan penyakit tertentu, Anda bisa mengonsumsi sarang semut sebanyak 3 gelas sehari dan untuk mengobati penyakit, Anda bisa minum 3-8 gelas sehari.

  • Untuk Anak-Anak

Cara minum sarang semut untuk anak-anak agak sedikit berbeda. Anak-anak yang masih berusia di bawah 10 tahun sebaiknya diberi minum air sarang semut ini sebanyak setengah dari takaran untuk orang dewasa.

Untuk penyembuhan, anak yang sakit bisa minum 2-3 kali sehari hingga sembuh. Sementara untuk pencegahan bisa minum 1-2 kali secara teratur selama satu minggu.