Manfaat Sarang Semut Untuk Rematik dan Pegal Linu

Manfaat Sarang Semut Untuk Rematik - Sarangsemutkapsul.com,- Rematik merupakan suatu penyakit yang terjadi akibat pembengkakan dan peradangan pada otot atau persendian. Rematik sendiri bisa menyerang semua persendian yang ada di dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa jenis rematik yang paling sering terjadi :

manfaat sarang semut untuk rematik

Rheumatoid Arthritis

Kondisi ini terjadi saat sistem kekebalan tubuh mengalami kekeliruan dan menyerang jaringan sendi sehingga mengakibatkan peradangan pada sendi-sendi yang terserang.

Osteoartritis

Selain menimbulkan rasa sakit, osteoartritis juga membuat pergerakan sendi menjadi terbatas. Jika dibiarkan, maka osteoartritis bisa menyebabkan kerusakan pada tulang rawan.

Sindrom Sjogren

Pada sindrom sjogren, sistem kekebalan tubuh penderitanya mengalami kekeliruan sehingga menyerang jaringan yang sehat dan menimbulkan peradangan.

Penyebab dari sindrom sjogren sendiri masih belum diketahui. Terkadang penyakit ini datang dengan sendirinya. Tetapi pada sejumlah kasus, sindrom sjogren juga datang bersama penyakit sistem kekebalan tubuh lain seperti rheumatoid arthritis dan lupus.

Lupus

Lupus yang memiliki istilah medis systemic lupus erythematosus (SLE) merupakan jenis penyakit yang juga berkaitan dengan kekebalan tubuh manusia. Gejalanya bisa bermacam-macam, mulai dari sensitif terhadap cahaya matahari hingga persendian yang terasa nyeri dan kaku.

Ankylosing Spondylitis

Ankylosing spondylitis merupakan peradangan kronis yang menyerang tulang belakang dan sejumlah bagian tubuh lain. Penyakit ini sering dialami oleh remaja pria dan mereka yang telah berusia 30 tahun ke atas.

Manfaat Sarang Semut Untuk Rematik

Untuk mengobati berbagai jenis rematik yang kami sebutkan di atas, Anda bisa melakukan langkah pengobatan dengan mengonsumsi sarang semut. Manfaat sarang semut untuk rematik ini terbukti sangat efektif karena sarang semut mengandung banyak sekali senyawa yang dapat membantu tubuh meredakan dan mengobati rematik. Beberapa kandungan dalam sarang semut yang dapat membantu mengobati rematik adalah :

Flavonoid

Manfaat sarang semut untuk rematik tidak terlepas dari kandungan flavonoid yang cukup tinggi. Kelompok senyawa fenol ini memiliki banyak sekali manfaat untuk penderita rematik seperti menghilangkan rasa nyeri pada sendi yang diakibatkan oleh rematik dan bersifat anti radang.

Tanin

Sama seperti flavonoid, kandungn tanin dalam sarang semut juga dapat membantu mengobati peradangan pada sendi. Selain itu, tanin juga dapat bersipat sebagai anti oksidan, anti bakteri dan penawar racun.

Jika Anda merupakan seorang wanita yang menderita rematik, maka dengan mengonsumsi sarang semut, Anda tidak hanya akan mendapatkan manfaat sarang semut untuk rematik. Tetapi juga manfaat lain yang berkaitan dengan tanin, yaitu melangsingkan tubuh dan mengobati keputihan.

Polifenol

Polifenol mampu melindungi DNA tubuh dari berbagai jenis penyakit seperti kanker dan rematik. Selain itu, polifenol juga dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh dan menghilangkan radikal bebas.

Tokoferol

Tokoferol mampu membantu tubuh mengobati rematik dan penyakit lain seperti penyakit jantung dan kencing manis. Selain itu, kandungan tokoferol dalam sarang semut juga dapat melancarkan peredaran darah dan mengurangi rasa lelah.